AD (728x60)

Sabtu, 30 Agustus 2014

Sejarah Singkat Kec. Cenrana Kab. Bone

Share & Comment


Kepiting Bakau asal Kec. Cenrana

Cenrana adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia. Di kecamatan ini terdiri dari 15 desa dan 1 kelurahan dengan jumlah penduduk + 23.663 jiwa. Dengan jumlah penduduk sebesar tersebut mayoritas masyarakat bermata pencarian sebagai nelayan, pertanian, dan perkebunan. Ada beberapa desa yang bersentuhan langsung dengan bibir Teluk Bone. Sebagai nelayan, warga setempat melakukan aktifitasnya dengan kendaraan air yaitu : speed boat dan ketinting yang dikenal dengan “ taksi air “yang dibuat sendiri oleh warga Kecamatan Cenrana.

Ini adalah kecamatan yang hampir seluruh masyarakatnya peternak Kepiting Bakau, kepiting yang mereka ternak bukan semata untuk dikonsumsi secara pribadi atau bukan hanya dikenal di Sulawesi Selatan saja, tetapi mereka juga mengekspornya hingga luar negeri, seperti :  Jepang, Singapore, Cina, Taiwan, Filipina, dll. Dan penghasilan masyarakat Cenrana dari mengekspor kepiting Bakau pun bisa mencapai ratusan juta dalam sekali panen kepiting Bakau.

Selain melakukan peternakan kepiting Bakau, sebagian warga juga sering menangkap kepiting langsung dari sungai Walannae yang ada di Kecamatan Cenrana tersebut. Untuk menangkap kepiting digunakan alat yang disebut Rakkang.

Nama kecamatan Cenrana terkenal sampai keluar negeri karena potensi dan kekayaan perairannya yang terkenal yakni kepiting bakau yang dikenal dengan “ Kepiting pallime “. Kepiting bakau memiliki gizi yang sangat tinggi dan sangat penting untuk dikomsumsi oleh anak – anak untuk menambah kecerdasan dalam berfikir.



Beberapa penjual yang menjual Kepiting Bakau di Kec. Cenrana


Tags: ,

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Popular Content

Recent Posts

Copyright © Cenrana Village | Designed by Templateism.com